e-TRUST
Hasil Survei Parnas dan Parlok; Partai Demokrat 19,47%, Partai Aceh 6,82%

KOALISI.co - Hasil survei Partai Nasional (Parnas) dan Partai Lokal (Parlok) yang dilakukan lembaga e-TRUST menyebutkan bahwa Partai Demokrat menempati posisi pertama elektabilitas tertinggi di Aceh.

Hal itu terungkap dari hasil survei ‘Preferensi Masyarakat Aceh jelang Pileg dan Pilkada Serentak 2024’ dalam Media Briefing di Hotel Ayani, Banda Aceh, pada Jumat 9 Desember 2022.

Hasil survei series ke-1 ini dipaparkan lembaga e-TRUST sekaligus peluncuran program Digitalisasi Sistem Informasi Pemilu dan Pilkada (DISIPADA). Aplikasi yang memudahkan untuk mengetahui hasil elektabikitas yang lebih efisien.

Direktur Program DISIPADA, Aulina Adamy mengatakan, Parnas dan Parlok yang paling disukai masyarakat Aceh dari responden telah menuliskan menunjukan Partai Demokrat sebagai partai paling disukai di Aceh atau sejumlah 19.47%.

Kemudian, diikuti oleh PKS 12%, Nasdem 10.85%, Partai Aceh 6.82% dan selanjutnya Golkar 6.33% dengan jumlah warga Aceh yang belum menentukan pilihan partai sebanyak 30.9%.

"Hal yang sama dilakukan tetapi dengan memberikan daftar nama partai politik yang ikut Pileg 2024 mendatang, hasilnya pilihan pada Partai Demokrat tetap pada urutan tertinggi yaitu 30.4%," sebutnya.

Diposisi kedua, sambung Aulina, diikuti Nasdem 18.41%, PKS 17.42%, Golkar 8.87% dan PAN 3.94%.

Ketika dilakukan pemilhanan pada pemilih Demokrat berdasarkan kelompok milenial (17-37 tahun), Dewasa (38-45 tahun) dan lansia (>46) maka warga milenial menjadi pemilih utama Demokrat (33%), pemilih dewasa (19%) dan pemilih lansia (18%).

Sedangkan pemilih Nasdem, peraih kedua terbanyak didominasi lansia (26%), dewasa (21%) dan millenial (17%). Hal yang berbeda juga didapati PKS dimana pemilihnya didominasi oleh dewasa (30%), lansia (26%) dan millenial (15%).

Alasan memilih partai politik menurut responden dikarenakan ideologi partainya 29.25%, disebabkan oleh tokoh partai 19.97%, program yang ditawarkan 19.88% dan memperjuangkan agama 9.94%.

"Sehingga melihat performansi Partai Demokrat saat ini sangat wajar jika mendapatkan posisi tertinggi di mata masyarakat Aceh," terang Aulina.

Dikatakan, Survey ini menggunakan metode sampling yaitu multiple-stage random sampling yang memperhatikan faktor proporsionalitas dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin of error±0,03.

Metode yang dipakai yakni sampling aksidental yang mengutamakan pemilih pemula, perempuan dan tidak terlibat dalam kepengurusan partai politik. Kuesioner digunakan sebagai alat kuantitatif untuk dianalisis secara deskriptif.

"Hasil survei ini masyarakat telah siap berpartisipasi pada pemilu serentak 2024. Namun, masih diperlukan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat," demikian Aulina.

Sumber: KOALISI.co

Leave a Reply