e-TRUST
Sambut Pemilu 2024, Lembaga Survey E-Trust Luncurkan Aplikasi DISIPADA

HABACEH - Lembaga Survey E-Trust meluncurkan aplikasi Program Digitalisasi Sistem Informasi Pemilu dan Pilkada (DISIPADA), dalam rangka menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Direktur E-Trust Nasrul Zaman mengatakan, kelebihan aplikasi digital yang dirancang khusus tersebut ialah untuk mengatur langkah dan strategi memenangkan Pileg dan Pilkada.

"Jadi memang kita berharap E-Trust ini menjadi semacam hal yang baru untuk Pilkada di Aceh," kata Nasrul Zaman usai peluncuran DISIPADA, Jumat (9/12) di Ayani Hotel, Banda Aceh.

Nasrul menyebutkan, salah satu kelebihan dengan menggunakan program tersebut yaitu para partai politik bisa mengetahui bagaimana elektabilitas mereka berdasarkan pandangan publik. Sehingga mereka bisa memenangkan Pilkada dengan cara-cara yang baru.

"Saya pikir harus ada yang mulai soal cara-cara pemenangan Pilkada dan Pileg yang lebih ilmiah," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Nasrul, partai politik siap menjadi lebih baik jika bersedia menggunakan E-Trust. Sebab, apa yang tersedia pada program E-Trust merupakan hasil survey terhadap partai politik.

"Kalau semua partai mau berubah dirinya karena hasil survey kita itu bagus, voter education (pendiddikan pemilih) pun berjalan di lapangan. Kita terbuka untuk partai, jadi siapa saja boleh menggunakan kita survei untuk kepentingannya," tuturnya.

Nasrul mengatakan, survei berbasis digitalisasi E-Trust ini merupakan hal yang baru di Aceh. Sebab, tidak semua lembaga survei berani mempublikasi hasilnya kepada publik.

"Mungkin saja metode yang begini di Aceh baru kita, tetapi survei sudah banyak orang melakukan. Bisa jadi ada survei lain, misalkan yang mempublikasi begini baru kita yang pertama," ungkap Nasrul.

Sumber: HABACEH

Leave a Reply