e-TRUST
Survei e-TRUST, Demokrat Tertinggi di Aceh, Banyak Disukai Generasi Muda
SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Partai Demokrat menjadi partai yang paling banyak disukai di Aceh. Pemilih Partai Demokrat tersebut hampir sebagian besarnya adalah anak muda. Hal itu terungkap dari hasil survei ‘Preferensi Masyarakat Aceh jelang Pileg dan Pilkada Serentak 2024’ yang dilakukan lembaga e-TRUST. Hasil survey itu dipaparkan dalam Media Briefing di Hotel Ayani, Banda Aceh, Jumat (9/12/2022). Rilis hasil survei itu dibarengi dengan peluncuran Digitalisasi Sistem Informasi Pemilu & Pilkada (DISIPADA), sebuah aplikasi digital yang dirancang untuk mengatur langkah dan strategi memenangkan Pileg dan Pilkada. Direktur Program DISIPADA, Dr Aulina Adamy, menyampaikan, survei dilakukan terhadap 1.200 responden seluruh Aceh, pada periode 25 Oktober 2022 hingga 25 November 2022. “Metode yang kita gunakan multiple-stage random sampling yang memperhatikan faktor proporsionalitas, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 0,03,” sebutnya. Dia menjelaskan, survei dilakukan dengan dua model. Pertama dengan meminta responden menulis sendiri partai yang disukainya. Dan model kedua dengan memberikan daftar nama partai. Perbedaannya adalah, pada model pertama terdapat partai lokal, dan model kedua tanpa partai lokal. Dari dua model survei tersebut, hasilnya, Partai Demokrat berada di peringkat pertama paling disukai, dengan persentase masing-masing sebesar 19,47 persen dan 30,4 persen. “Hasil survey menunjukkan bahwa pada poin pertanyaan terbuka tentang partai nasional dan partai lokal yang paling disukai, responden menuliskan Partai Demokrat menjadi sebagai partai paling disukai di Aceh, dengan persentase 19.47 persen ,” kata Aulina Adamy. Di bawah Partai Demokrat, menyusul PKS sebanyak 12 persen, NasDem 10,85 persen, Partai Aceh 6,82 persen, dan Golkar 6,33 persen. Sedangkan responden yang tidak menentukan pilihan sebanyak 30,9 persen. “Tetapi yang perlu diperhatikan, ada 30,9 persen yang tidak menentukan pilihan. Ini jumlahnya lumayan banyak,” timpalnya.
Hasil survei ‘Preferensi Masyarakat Aceh jelang Pileg dan Pilkada Serentak 2024’ yang dilakukan lembaga e-TRUST. (Serambinews.com)
Hal yang sama juga terlihat saat responden diberikan daftar nama partai, dimana hasilnya Partai Demokrat meraih 30,4 persen, diikuti NasDem 18,41 persen, PKS 17,42 persen, Golkar 8,87 persen, dan PAN 3,94 persen. Informasi menarik lainnya disampaikan Direktur e-TRUST, Dr Nasrul Zaman yang mengkategorikan responden berdasarkan usia. Dia menyebutkan, sebanyak 33 persen pemilih Partai Demokrat adalah anak muda, 19 persen pemilih dewasa, dan 18 persen pemilih lansia (lanjut usia). “Sedangkan pemilih NasDem, terbanyak didominasi lansia, 26 persen, dewasa 21 persen, dan millenial 17 persen. Dan PKS, dewasa 30 persen, lansia 26 persen dan milenial 15 persen,” sebutnya. Nasrul Zaman mengingatkan, pemilih milenial akan menjadi penentu utama kemenangan partai dalam Pileg dan Pemilu 2024 mendatang, karena saat itu mereka perdana ikut pemilu. “Siapa yang mampu merangkul anak muda, merekalah yang akan memenangi Pemilu dan Pileg nanti,” ucapnya. Sementara itu, Direktur Researsch & Development e-TRUST, Dr Saiful Akmal mengatakan, kesukaan masyarakat Aceh terhadap partai politik berkaitan dengan pencalonan calon presiden dan koalisi oposisi poros Demokrat-PKS-NasDem. "Konfigurasi bandul politik di aceh jika merujuk hasil survey menunjukkan bahwa prevalensi calon pemilih cenderung bersimpati pada partai partai calon koalisi oposisi poros Demokrat-PKS-Nasdem," ujarnya.(*) Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2022/12/09/survei-e-trust-demokrat-tertinggi-di-aceh-banyak-disukai-generasi-muda

Leave a Reply